• Home
  • Profil
  • Daftar Guru
  • Berita
  • Kegiatan Siswa
  • Jadwal
  • Perangkat KBM
  • PPDB Online
  • Group FB
  • Daftar Isi

Jabatan Eselon 3 Hingga 5 Akan Dihapus

>> Rabu, 07 Desember 2011

Tanjungpinang (ANTARA) - Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Eko Prasojo, menyatakan, jabatan eselon 3 hingga 5 di lingkungan pemerintahan akan dihapus.

"Penghapusan jabatan eselon 3,4 dan 5 di pemerintahan itu bertujuan mengoptimalkan kinerja PNS (pegawai negeri sipil)) dan juga menghemat anggaran," kata Eko pada saat menjadi pembicara dalam seminar Reformasi Birokrasi, Selasa, di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Menurut dia, penghapusan jabatan tersebut bertujuan mengubah pola pikir PNS yang selama ini cenderung mengejar jabatan tanpa melaksanakan tugasnya secara maksimal. Pejabat yang memiliki sikap seperti itu tentunya merugikan pemerintah dan masyarakat.

"Mungkin ini bukan kabar baik bagi pejabat yang malas, karena mereka akan demam mendengarnya. Kebijakan itu bertujuan memperbaiki kinerja aparat pemerintahan yang selama ini kurang baik," ungkapnya.

Menurut dia, penghapusan jabatan eselon 3,4 dan 5 juga diikuti dengan penghapusan tunjangan. PNS akan diberikan tunjangan sesuai dengan kontribusi yang diberikannya dalam melaksanakan tugas.

"Mekanisme telah kami atur dan saat ini payung hukumnya masih dibahas DPR," katanya.

Sementara pejabat eselon 1 dan 2 akan ditetapkan sebagai aset negara. Mereka harus bersedia mengabdi di seluruh daerah.

"Pejabat eselon 1 dan 2 harus bersedia dipindahkan ke mana saja," ujarnya.

Ia mengungkapkan, kinerja aparat pemerintahan yang buruk bukan disebabkan oleh individu, melainkan kesalahan sistem.

Saat ini, banyak PNS yang bersih tetapi tidak memiliki kompetensi. Ada pula PNS yang buruk kinerjanya, tetapi memiliki keahlian yang dibutuhkan pemerintahan.

"Bahkan kami memiliki data terdapat PNS yang memiliki tidak memiliki kompetensi dan kinerjanya buruk. Pemerintah daerah wajib mengevaluasi dan memberi sanksi kepadanya," ujarnya.

Karena itu, kata dia, sistem di pemerintahan akan diubah, salah satunya dengan menghapus jabatan eselon 3,4 dan 5.

"Sarjana yang masih idealis, tegas dan jujur ketika menjadi PNS dan masuk ke sistem pemerintahan buruk juga akan mengikut arus. Sistem memaksa mereka untuk adaktif di lingkungan pemerintahan yang buruk," ujarnya.

Sumber: http://id.berita.yahoo.com/jabatan-eselon-3-hingga-5-akan-dihapus-093812752.html

2 komentar:

Anonim 13 September 2012 14.41  

segera sj realisasikan penghapusan eselon,,di jadikan pegawai fungsional sj semua pegawai negeri,,pegawai negeri / pejabat eselon banyak yang nganggur dan juga tidak tau tufoksinya,, pejabat terus sj nambah tenaga honorer melalui nepotisme,, yg pegawai negeri sj nganggur apa yg dikerjakan tenaga honorer ??? segera reformasi birokrasi pegawai biar tiap akhir tahun bisa di audit kenerja pegawai & penghasilan nya melalui kewajiban membuat laporan tufoksi kinerjanya & penghasilan SPPD & gajinya. ini akan menghemat belanja pegawai/anggaran honorer. sistem sekarang yg pegawai negeri di SKPD adalah kepala SKPD + tangan kanan(operator kumputer/peniru tanda tangan)+ supir + bendahara,… sedang sekretaris, kabid,kasub,kasi & staf idealis tidak dipake/di fungsionalkan

pami iswara 17 Mei 2016 00.28  

Terimakasih atas infonya sukses selalu
bagi yang butuh informasi hp oppo.. lihat aja link oppo smartphone nya
Oppo Find 5 Midnight
Oppo Neo 3
Oppo Find Clover
Oppo Find Piano

Posting Komentar

Statistik

free counters

Arsip

Design by MungBisnis